Inspiring Leaders |
"Focus on biblical values in a busy world"

"... sedangkan seorang hamba Tuhan tdk boleh bertengkar, tetapi hrs ramah terhadap semua orang. Ia harus cakap mengajar, sabar" | 2 Timotius 2:24

"The Lord's servants must not quarrel but must be kind to everyone. They must be able to teach effectively & BE PATIENT WITH DIFFICULT PEOPLE." | 2 Timothy 2:24 NLT

Kehadiran DIFFICULT PEOPLE (ORANG-ORANG YANG SULIT DIHAPADI) dihidup kita merupakan bagian dari AGENDA BAPA untuk MEMURIDKAN kita, sehingga kita dapat MENGALAMI TUHAN & KEBENARANNYA.

Kebenaran Firman TUHAN memampukan kita untuk MENGALAMI ALLAH bukan hanya dalam momen-momen yang paling teduh pada jam-jam doa kita. Melainkan juga pd saat-saat paling MENDIDIH & EMOSI ketika kita berhadapan dengan DIFFICULT PEOPLE.

Kata SABAR (PATIENT), seringkali diartikan sebagai sikap yang PASIF. Secara luas, SABAR juga memiliki pengertian AKTIF. Allah memerintahkan kita untuk "be patient with difficult people." "Difficult people" ialah: para penganggu yang suka beroposisi dengan orang lain, bersungut-sungut, menyalahkan orang lain, menghasut, suka membesar-besarkan masalah, keras kepala & tidak mau berubah.

PATIENT (sabar) bukan berarti IGNORANT (cuek/masa bodoh).

SABAR berarti: memberi ruang & waktu untuk Allah mengubah seseorang, dengan cara yang berbeda dengan keinginan kita.  Kesabaran merupakan manifestasi dari iman & pengharapan kita kepada TUHAN dengan KESADARAN bahwa kita tidak mampu mengubah sifat orang lain & PENGAKUAN bahwa hanya Allah yang sanggup mengubah watak dasar seseorang.

Menantikan seseorang berubah memang bukan perkara mudah. Terkadang emosi kita terkuras habis karena menantikan perubahan orang-orang yang kita rindu hidupnya berubah.

Setiap org memiliki "kehendak bebas" (free will) untuk memilih. Kesabaran kita bisa berakhir dengan kenyataan bhw orang-orang tersebut tidak juga berubah. Jika kesabaran kita tidak mengubah hidup orang lain, paling tidak kesabaran tersebut mendewasakan kita & membuat kita semakin mengenal Kristus.


Your Prayer Partner,


Ferry Felani
Sent via BlackBerry® from Vodafone