Inspiring Leaders |
"Focus on biblical values in a busy world"

"And when you are praying, do not use MEANINGLESS REPETITION as the Gentiles do, for they suppose that they will be heard for their many words." | Matthew 6:7 NASB

"Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu BERTELE-TELE seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan." | Matius 6:7

HUKUM PENGULANGAN (THE LAW OF REPETITION) diakui sebagai salah satu CARA YANG PALING EFEKTIF untuk MEMBENTUK SEBUAH KEBIASAAN / MENANAMKAN NILAI. Proses pengulangan yang benar akan mengubah DOA (PRAYER) menjadi sebuah KEBIASAAN (HABIT) yang POWERFUL.

Yesus melarang murid-muridNYA berdoa dengan bertele-tele. Bertele-tele diterangkan sebagai MEANINGLESS REPETITION. Yang menjadi masalah bukanlah REPETITION, melainkan MEANINGLESS (tidak mempunyai arti).

Pengulangan yang tanpa gairah, tanpa kesungguhan, tanpa tujuan & tanpa pengertian, inilah yang dimaksud Yesus sebagai DOA YANG BERTELE-TELE.

DOA YANG BERTELE-TELE BIASANYA LAHIR DARI HIDUP YANG DIJALANI SBG MEANINGLESS REPETITION. Ketika Yesus melarang murid-muridNya menaikkan DOA YANG BERTELE-TELE, sebenarnya Yesus sedang melarang murid-muridNya MENJALANI HIDUP DENGAN "MEANINGLESS REPETITION" (BERTELE-TELE).

Hidup merupakan serangkaian PENGULANGAN. Terkadang kita mengalami pengulangan dalam hal kegagalan, masalah, tindakan, pengambilan keputusan & bersikap terhadap orang tertentu.

CARA KITA BERDOA akan BERUBAH ketika kita MENGUBAH CARA KITA HIDUP.

Kata IMMANUEL yg sering diartikan sebagai "ALLAH BESERTA DENGAN KITA", memiliki pengertian LEBIH DARI SEKEDAR "HADIR". IA HADIR untuk memberi ARTI, TUJUAN, GAIRAH & KUASA untuk segala sesuatu yang kita lakukan setiap hari.

Tidak ada KUASA di dalam MEANINGLESS REPETITION.

MEANINGLESS REPETITION terjadi saat KEBUTUHAN kita menjadi lebih penting daripada KEHENDAK ALLAH.

YESUS tidak melarang kita untuk mengulang doa-doa kita. IA melarang kita berdoa tidak pakai hati, sama seperti kita hidup tidak pakai hati: hati yang didedikasikan untuk memuliakan Allah.

Your Prayer Partner,




Ferry Felani
Sent via BlackBerry® from Vodafone